Bimtek IKM Memahami CP, TP Dan ATP oleh Dr. Roni Harsoyo, M.Pd.

Memasuki hari kedua dari Sosialisasi dan Bimtek IKM MTs/MA yang digelar oleh Kementrian Agama, Selasa (10/10/2023), guru MTs A l Irsyad Wonosari tetap aktif menyimak. Materi tentang pembelajaran (CP, TP, ATP, dan Modul Ajar) ini disampaikan oleh Roni Harsoyo, M.Pd. anggota Tim Penyusun Nasional Kurikulum Merdeka.

“Seorang guru seyogyanya melakukan pembelajaran dengan rasa bahagia dan berani berinovasi, berani move on keluar dari zona nyaman. Bagaimana merancang pembelajaran fleksibel yang dapat menumbuhkan nalar kritis anak dan menjadi rahmatan lil ‘alamiin,” papar Ronir.

Roni juga menjelaskan tentang prinsip pembelajaran. “Ada enam prinsip pembelajaran: berorientasi masa depan, berorientasi pada nilai ibadah, membangun pembelajar sepanjang hayat, mendukung pengembangan kompetensi dan karakter secara holistik, serta dirancang secara kontekstual dengan melibatkan orang tua dan komunitas mitra,” tuturnya lebih lanjut.

Adanya bimtek IKM ini sangat membantu para guru untuk memahami tentang kurikulum merdeka dan seluk beluknya. “Bimtek ini sangat bermanfaat buat para peaksanak pendidikan, guru khususnya. Setidaknya guru mengetahui apa itu Capaian Pembelajaran (CP), Tujuan Pembelajaran (TP), Alur Tujuan Pembelajaran (ATP), dan modul ajar,” ujar Riris Widiyastuti, Waka Kurikulum yang juga menjadi peserta dalam bimtek ini.

Capaian Pembelajaran : Merupakan Kompetensi pembelajaran yang harus peserta didik pada setiap tahap perkembangan untuk setiap mata pelajaran pada satuan pendidikan.

Tujuan pembelajran : Deskripsi Aspek > Pengetahuan > Keterampilan , dan > Sikap

Alur Tujuan Pembelajaran : Merupakan panduan guru dan murid untuk mencapi Cp di akhir suatu fase

Check Also

Study tour MTs Al Irsyad ke Wisata Bahari Lamongan (WBL)

WONOSARI, 23 November 2023 – MTs Al Irsyad Wonosari mengadakan kegiatan study tour yang berlangsung …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *